(PC PERGUNU) Kabupaten bandung kerjasama ternak lebah dengan Universitas Padjajaran (UNPAD)

Share

Bandung. Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC PERGUNU) Kabupaten bandung kerjasama dengan Universitas Padjajaran (UNPAD) dalam meneyelenggarakan agenda kegiatan yang bermanfaat dan bernilai, melalui program ternak lebah.

Kegiatan tersebut digelar hari sabtu, tanggal 30 April 2019 Di  Kampung pasir bentang, Desa Mekarjaya Kecamatan Arjasari, bersama kelompok tani di daerah itu. Pada pertemuan ini, diikuti oleh 70 orang yang tergabung kedalam kelompok tani, dan dihadiri oleh Pakar Pertanian, Ir. Yadi Supriyadi, M.P dan Marlis Nawawi selaku Tim project ternak lebah UNPAD serta Pengurus Pergunu Kabupaten bandung yakni Dr. Johan rojak, M.Pd sebagai Ketua dan Muhamad Cahya Rizqi sebagai Wakil bendahara.

Agenda sosialisasi dan pelatihan ternak lebah tersebut adalah kunjungan ke dua di kecamatan arjasari, yang sebelumnya pernah digelar di Pondok pesantren Al Faqihiyyah, Arjasari.

Yadi Supriyadi menjelaskan betapa pentingnya terutama bagi para petani dalam melestarikan lingkungan dan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada serta menjadi kebutuhan primer dalam meningkatkan ekonomi petani. Program ini sangat baik dan akan terus diadakan pelatihan pelatihan secara masif demi terwujudnya harapan dan cita cita para tani untuk mengelola ternak lebah.

Sementara itu, Menurut Marlis Nawawi menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan gambaran gambaran yang berkaitan dengan pengelolaan ternak lebah, baik dari segi koloni lebah itu sendiri atau pun segi tanaman tanaman yang cocok dan sesuai dengan lebah, sehingga akan menghasilkan madu yang memuaskan.

Lebih lanjut, Ketua PC Pergunu Kab bandung,Dr. Johan Rojak, M.Pd dan Wakil bendahara,Muhamad Cahya Rizqi, merasa senang dan sangat apresiasi melalui program tersebut, sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama petani dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dan sebagai keseriusan, program ini akan terus continue dan berjalan ke beberapa daerah yang lain, terutama daerah yang potensial dalam pengelolaan ternak lebah untuk meningkatkan potensi sumber daya alam dan manusia.

Leave A Reply