Sepak Terjang Dr. KH. Abu Bakar Shidiq, M. Ag di Nahdlatul Ulama

Share

Dewan Pakar Pergunu Kabupaten Sukabumi Dr. KH. Abu Bakar Sidiq, M.Ag

Di mata Ketua PC Pergunu Kabupaten Sukabumi

 

Dr. KH. Abu Bakar Sidiq, M.Ag. Lahir dari kalangan sarungan (santri) menjadikannya sosok yang tawadhu meski dengan kapasitas intelektual yang mumpuni. Akhlaq dan Adab menjaganya dari sikap ujub dan takabur, sombong dan angkuh. Kesederhanaan sangat melekat dengan dirinya, hal ini tercermin dari tampilan dan interaksi sosialnya.

 

Dialog dan diskusi bersamanya, tak pernah membosankan, karena wawasan akan senantiasa berkembang, dan terbuka lebar, di sela humor-humor  yang menggelitik. Kritikannya tajam, dalam bahasa yang santun, dengan solusi yang cerdas dalam menyikapi dan menyelesaikan masalah. Candaan slogan pegadaian adalah guyon penuh makna. “Selesaikan masalah tanpa masalah, tapi jangan gadaikan harga diri, apalagi aqidahmu”. Pernyataan tersebut menunjukkan sikap dan pendirian yang tegas dan teguh atas sebuah kebenaran.

 

Dr. KH.Abu Bakar Sidiq, M.Ag. Tokoh dan Aset yang bukan saja milik Sukabumi, tapi kekayaan bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Ke-NU-an nya “TULEN” tak layak diragukan. Jenjang perkaderan yang dilaluinya bertahap dan berjenjang, menunjukkan konsistensinya dalam menata pola fikir dan berorganisasi.

 

Banyak pemikiran cemerlang yang lahir dari benaknya, dalam membangun dan mengembangkan NU. Kiprahnya di IPNU, PMII Tasikmalaya, Ansor Sukabumi, NU Jabar adalah ukiran prasasti sejarah dalam tapak langkah perjalanannya. NU, ISNU, PERGUNU Sukabumi, tak pernah kering dari goresan warna beliau, baik langsung maupun tak langsung. Pemikiran dan ide-ide beliau ada dan berada, hadir meski tanpa disadari oleh orang di sekelilingnya. Karena beliau adalah teman diskusi yang menyenangkan.

*) M. Taufiq : Ketua PC Pergunu Kabupaten Sukabumi

Leave A Reply