Peduli dampak covid – 19, Pergunu santuni ustadz, majlis ta’lim hingga marbot masjid

Share

Akibat Pandemi Covid-19, banyak dampak yang ditimbulkan salah satunya melemahnya perekonomian masyarakat. Terutama bagi ustadz majlis taklim, ustadz masjid, marbot masjid yang tidak ada lagi aktifitas bekerja di luar, karena harus mengikuti kebijakan bekerja dari rumah.

Memahami kondisi tersebut, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) membuat program Sembako untuk Guru honorer, ustadz masjid, ustadz majlis taklim, marbot masjid dan dhu’afa lainnya. Hal itu, sebagaimana disampaikan oleh Aris Adi Leksono, Wakil Ketua PP PERGUNU.

“Kami ikut prihatin atas kondisi covid ini, dampaknya luar biasa, perekonomian masyarakat menurun drastis, akibatnya banyak kelompok dhu’afa baru. Salah satu langkah kongkrit bentuk kepedulian sosial Pergunu adalah dengan menjalankan program Bakti Sosial, dengan membagikan sembako kepada ustadz masjid, majlis taklim, marbot masjid, serta para dhu’afa”.

Setelah menyalurkan Bantuan Sosial Minggu, (19/04), Aris menuturkan bahwa program bakti sosial ini bertujuan untuk membantu meringankan beban kebutuhan dasar masyarakat, khususnya para ustadz yang ikhlas mengabdi di masyarakat, tanpa batas.

“Pergunu salah satu misi perjuangannya adalah untuk ustadz masjid dan majlis taklim, dengan kegiatan baksos peduli dampak covid-19, diharapkan dapat meringankan beban mereka, terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar hidup”, terang Aris yang berprofesi sebagai Dosen UNU Indoensia.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Umum PP PERGUNU, Kiai Asep Saifuddin Chalim memberikan Instruksi kepada seluruh pengurus dan anggota Pergunu se-Indonesia untuk peduli kepada korban dampak covid-19, dengan berbuat kepedulian sosial, sekecil apapun, kepada siapapun, di manapun, terus menerus hingga wabah Covid di angkat oleh Allah SWT.

“Kami instruksikan kepada semua kader Pergunu untuk berbuat sekecil apapun, berikan kepedulian kepada sesama dengan ikhlas. Paling tidak berdoa bersama agar wabah ini diangkat oleh Allah. Terus menerus berbuat, peduli sosial kepada sesama”, tegas Kiai Asep yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

Sebelumnya Ketua Umum PP PERGUNU juga sudah memberikan contoh dengan membagikan sembako kepada ribuan Dhu’afa, Ustadz, Guru Honorer, dan lainnya di wilayah jawa timur. Beberapa wilayah, pergunu juga melakukan kegiatan bakti sosial untuk korban terkena dampak covid-19, seperti di Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, dan masih banyak wilayah lainnya.

Leave A Reply