Pergunu Jabar Terbitkan Jurnal Volume I Tahun 2020

Share

Bandung, Kegiatan seorang guru maupun akademisi tidak hanya cukup dengan aktif mengajar dan mengisi seminar saja, mestinya ia juga punya komitmen dalam mengembangkan kapasitas intelektualnya dengan cara melakukan penelitian dan dituangkan dalam sebuah tulisan.

“Kami dari PW Pergunu Jawa Barat berkomitmen ingin meningkatkan kualitas dn kapasitas para guru. Diantara ikhtiar yang kami lakukan adalah dengan menerbitkan Jurnal di setiap tahun,”Ujar Ketua PW Pergunu Jawa Barat, H Saepulloh melalui sambungan telepon. Selasa (15/4)

Jurnal Pergunu, sambung dia, merupakan media publikasi berskala nasional yang diterbitkan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan PW Pergunu Jawa Barat untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan penerapannya di bidang pendidikan.

“Awalnya Jurnal Pergunu ini direncananakan terbit 2 kali dalam satu tahun, volume I terbit di bulan Juli dan volume II di bulan Desember,”terangnya

Dikatakannya, pada tahun 2019 kemarin Jurnal Pergunu hanya mampu menerbitkan volume I saja, hal ini terjadi karena keterbatasan tim redaksi dan minimnya antusiasme anggota dalam pengiriman naskah dan pada tahun 2020, PW Pergunu Jabar sudah menerbitkan jurnal edisi kedua volume I.

“Memang butuh komitmen yang kuat untuk kita semua agar Jurnal ini selalu bisa hadir salah satunya dengan terus berkarya dan mengirimkan naskah ke tim redaksi,”ujarnya

Tim redaksi, kata dia, selalu berbenah diri dalam menghidupkan jurnal Pergunu yang mempunyai alamat http://e-jurnal.guru-aswaja.com/index.php/pergunu itu, sehingga saat ada anggota yang mengirimkan tulisan bisa langsung diolah menjadi e-jurnal kemudian dipublish tanpa harus menunggu lama.

“Ke depan Jurnal ini diharapkan dapat terakreditasi dan bahkan kita berharap bisa terindeks Scopus sehingga bukan hanya guru, tetapi dosen pun bisa terbantu untuk kepentingan karirnya” Tutur Kang Puloh.

Jurnal Pergunu, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi rujukan dalam pengembangan Ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pendidikan dan Jurnal ini dapat dipublish dalam bentuk Open Jurnal System (OJS) agar ia bisa lebih bermanfaat dan dan dapat diakses lebih luas lagi oleh semua pihak.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Jurnal Pergunu, Daan Dini Khairunida menambahkan, jurnal edisi kali ini memuat 7 artikel yang ditulis oleh para dosen dan guru anggota Pergunu Jawa Barat yang bertugas di berbagai instasi pendidikan.

“Kami mengajak anggota Pergunu untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi tulisan sehingga diharapkan jurnal ini bisa terus menjadi media edukatif yang mampu memberikan pencerahan dan inspirasi di dunia pendidikan tanah air,”pungkasnya. (Azis Lutfhi)

Leave A Reply