PCNU Kab. Bandung bentuk Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU)

Share

BANDUNG – PCNU bentuk Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kab. Bandung pada hari selasa, 18 Juni 2019 di Kantor LPNU – Soreang.

NU, adalah sebuah organisasiIslam terbesar di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang keagamaan, pendidikansosial, dan ekonomi. Kehadiran NU merupakan salah satu upaya melembagakan wawasan tradisi keagamaan yang dianut jauh sebelumnya, yakni paham Ahlussunnah wal Jamaah. Dalam kiprahnya, NU menaungi Banom-banom NU dan lembaga-lembaga NU. Terdapat 18 lembaga NU, yang kepengurusannya mulai dari tingkat pusat, tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota. Salah satu lembaga NU yang bergerak dalam bidang ekonomi adalah LPNU (Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama).

Salah satu tujuan beririnya Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) adalah berupaya membangkitkan perekonomian bangsa dan mengokohkan serta memberdayakan ekonomi umat.

Sekjen PCNU Kab. Bandung, H. Imron Rosadi, S.Ag., yang hadir dalam acara pembentukan LPNU tersebut menuturkan bahwa “Salah satu pilar penyangga NU di awal kelahirannya adalah Nahdaltut Tujjar, lembaga yang mengemban pelaksanaan kegiatan ekonomi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umat. Sehingga diharapkan pembentukan LPNU Kab. Bandung ini dapat membangun perekonomian di kab. Bandung khususnya. Salah satu upaya kedepan adalah gagasan tentang membangun ekonomi kerakyatan (koperasi), dan bisnis syariah.” Terang Imron.

Imron menambahkan, bahwa LPNU Kab. Bandung, diharapkan segera menyusun program kerjannya setelah pembentukan ini, sehingga akan tersusun program yang menjadi masukan dalam melakukan prosesi dan implementasi program sehingga menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat. Selain itu, imron juga berharap LPNU Kab. Bandung dapat menjalin kesepahaman dan kesepakatan dengan berbagai mitra, seperti kementerian, BUMN, swasta, komunitas, dan personal.

(Ditulis oleh: Muhamad Faizin, M.Pd).

Leave A Reply